Bid Humas Polda Sultra Supervisi ke Polres Jajaran Polda Sultra Dalam Kesiapan Menghadapi Pilkada Serentak 2024

Tribratanews.sultra.polri.go.id – Supervisi Bid Humas Polda Sultra dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Sultra Kombes Pol. Iis Kristian, S.I.K untuk wilayah daratan dan wilayah kepulauan dipimpin oleh Kasubbid Multimedia Bid Humas Polda Sultra Kompol La Ode Surahman Hamu, S.Sos., M.Si yang dimulai Selasa 17-21 September 2024.

Supervisi Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) terhadap jajaran Polres merupakan langkah strategis dalam rangka memastikan kesiapan unit humas di tiap polres menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang damai.

Dalam konteks ini, supervisi tersebut berfokus pada Penguatan Peran Humas di Dunia Maya sseperti peran media sosial yang sangat penting dalam penyebaran informasi, Humas Polres harus aktif di dunia maya, memastikan bahwa setiap informasi yang disampaikan ke publik bersifat objektif, edukatif, dan menyejukkan. Selain itu, humas diharapkan mampu mengidentifikasi dan menangkal hoaks atau informasi yang berpotensi memicu konflik.

Selain itu, untuk mengkampanye kan Pilkada Damai, para personel Humas juga bertanggung jawab untuk membantu menyosialisasikan pentingnya menjaga situasi yang kondusif selama Pilkada. Mereka dapat berperan aktif dalam mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara bijak tanpa terpengaruh oleh berita negatif atau provokasi.

Kolaborasi dengan Media dan Stakeholder melalui supervisi ini, Humas Polda Sultra menekankan pentingnya kerja sama yang baik antara kepolisian dan media lokal serta stakeholder lainnya. Ini dilakukan untuk memastikan narasi yang berkembang di masyarakat terkait Pilkada tetap positif dan mendukung persatuan.

Terakhir Monitoring Aktivitas Dunia Maya yang menjadi Salah satu tugas utama Humas adalah melakukan pemantauan terhadap aktivitas di media sosial yang dapat memengaruhi keamanan dan ketertiban selama Pilkada. Deteksi dini terhadap potensi kerawanan sangat krusial untuk mencegah konflik.

Supervisi ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan jajaran Humas Polres untuk menyongsong Pilkada yang aman, tertib, dan damai di seluruh wilayah Sultra.