Biro SDM Polda Sultra Rangkul Media Kendari Pos dalam meningkatkan Kompetensi Personel Polda Sultra

Tribratanews.sultra.polri.go.id – Biro SDM Polda Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan Post Assessment bagi para Perwira Polda Sultra. Pelaksanaan Post Assessment ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kompetensi yang dirancang secara spesifik berdasar pada hasil analisa gap kompetensi dengan memanfaatkan hasil Assessment yang capaian tingkat kompetensi belum memenuhi tuntutan yang dipersyaratkan. Program ini fokus pada perubahan perilaku yang mendukung perbaikan hasil kinerja pegawai (performance) sesuai dengan kriteria yang ditetapkan untuk masing-masing Job Target.

“Kegiatan Post Assessment ini sangat penting untuk meningkatkan/ mengembangkan kompetensi personel yang telah di mapping melalui pelaksanaan Assessment Center di lingkungan Polda Sultra selama tahun 2024” Peserta pada Post Assessment hari ini Asesor sebanyak 41 orang yang terdiri dari Perwira Polri dan 53 Orang Perwira yang terdiri dari 5 Pamen dan 48 Pama Polda Sultra yang mengemban tugas sebagai Kepala Satuan tingkat Polres dan Kapolsek jajaran Polda Sultra.

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainudin mengungkapkan beberapa catatan dalam materi Membangun Hubungan yaitu Dalam membangun personal branding anggota polri harus bisa menciptakan experience dan kesan pada orang lain, memperkuat jejaring, memandang orang lain penting dan menciptakan proximity dengan orang lain.

Para Peserta mendapat pencerahan / pengembangan kompetensi dari para Narasumber:
1. Kasrem 143/Halu Oleo Kolonel Infantri Dr ( Can ) Singgih Pambudi Arinto, M.M., M.Han memberikan materi Kepemimpinan.
2. Kompetensi Membangun Hubungan pematerinya Direktur Utama Kendari Pos Bapak Irwan Zainuddin.
3. Kompetensi Orientasi pada Pelayanan, diberikan materi oleh Ibu Asniati Kepala Layanan Kantor Cabang Utama Bank Central Asia Sulawesi Tenggara.
4. Kompetensi Perencanaan dan Pengorganisasian diberikan materi oleh Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Polda Sulawesi Tenggara Kombes Pol. Danang Widaryanto, S.I.K.

Dalam kegiatan Post Assessment hari ini mengusung tema yakni “Meningkatkan kemampuan manajerial personel guna mewujudkan sdm unggul dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Polda Sultra”, Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol Dwi Irianto, S.I.K., M.Si berpesan agar para peserta dapat mengikuti dengan sungguh – sungguh dan peserta memahami materi yang diberikan para narasumber dan implementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, agar sesuai dengan harapan terwujudnya sdm polri yang unggul, sehingga dapat menjaga situasi kamtibmas yang kondusif khususnya menjelang Pilkada serentak tahun 2024 dan di masa yang akan datang.

Selain itu diharapkan para peserta terus meningkatkan kompetensi sesuai yang dipersyaratkan dalam jabatan, sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, dengan semakin baik.