Jadi Tracer Dan Vaksinator, Ini Peran Bhabinkamtibmas Beserta Tenaga Kesehatan.

Tribratanews.sultra.polri.go.id – Bertempat di Lapangan Apel Mapolda Sultra, Irjen Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, S.H pimpin apel serentak kesiapan bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan sebagai tracer dan vaksinator covid-19, Kamis (11/02/2021).

Untuk diketahui vaksinator dan tracer polri ini disiagakan dalam rangka membantu tugas tenaga kesehatan, khususnya pemberian vaksinasi terhadap anggota polri maupun kepada masyarakat umum, serta berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat dalam upaya tracing sebagai langkah deteksi dini dalam mengantisipasi penyebaran covid-19.

Apel kesiapan yang dilaksanakan dengan menggelar tenaga kesehatan dari Bid Dokkes Polda Sultra sebagai vaksinator dan bhabinkamtibmas sebagai tracer ini merupakan wujud keseriusan Polri dalam membantu pemerintah menanggulangi covid-19 dan mendukung program vaksinasi nasional.

Dilibatkannya bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan sesuai dengan program prioritas kapolri melalui transformasi operasional yaitu kegiatan pemantapan dukungan Polri dalam penanganan covid-19, yang diimplementasikan dalam aksi mengerahkan seluruh sumberdaya Polri dalam membantu pemerintah menanggulangi covid-19 dan mendukung program vaksinasi nasional.

Untuk wilayah Sulawesi Tenggara, Polda Sultra menyiapkan 10 orang personel tenaga kesehatan yang telah dilatih untuk menjadi vaksinator oleh Bapelkes/BBBK Kementerian Kesehatan.

Selain itu, Polda Sultra juga sudah menyiapkan 588 personel Bhabinkamtibmas untuk bertindak sebagai tracer untuk penguatan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) yang menjadi kunci dalam upaya mengatasi pandemi covid-19.