Peringatan Nuzul Qur’an di Polda Sultra, Momentum Tingkatkan Spiritual Personel

Tribratanews.sultra.polri.go.id – Wakapolda Sultra Brigjen Pol Dwi Iriyanto, S.I.K., M.Si dan PJU beserta personel polda sultra mengikuti Peringatan Nuzul Qur’an di Masjid Al-Amin Polda Sultra, Kamis 28 Maret 2024.

Dalam peringatan nuzul qur’an turut menghadirkan Ust. DR. Muh. Daniel, Lc, M.Thi yang membawakan tausiahnya bertemakan turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad melalui wahyu yang disampaikan oleh Malaikat Jibril.

Diketahui Al-qur’an turun di Bulan Ramadhan secara berangsur angsur kepada Nabi Muhammad di Gua Hira ketika Nabi berumur 40 tahun setelah menunggu beberapa tahun.

Di gua hira turun wahyu pertama oleh Malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW yang kemudian Al-Qur’an menjadi kitab suci dan pegangan sekaligus pedoman bagi segenap umat muslim.

“Dengan membaca Al-Qur’an selain mengejar ilmu juga mendapatkan spiritual,” kata Ustadz Daniel.

Selain itu, Al-qur’an dikenal dengan mukjizat bagi Rasulullah SAW yang didalam ayat-ayat nya berisi tentang hikmah, kisah-kisah nabi yang menjadi pelajaran hidup, aturan dan larangan serta perintah Allah SWT.

Al-Qur’an juga merupakan sarana untuk menyembuhkan penyakit, ayat-ayat dalam Al-Qur’an merupakan metode yang digunakan dalam pengobatan penyakit selain melalui bantuan medis. “Kalau ada keluarga sakit, jangan buru-buru bawa ke dokter, bacakan dulu ayat-ayat Al-Qur’an, ” Pungkas Ustadz Daniel.

Sebagai penutup, Ustadz Daniel berpesan kepada personel polda sultra agar bersungguh sungguh untuk belajar membaca Al-Qur’an karena terdapat pahala disetiap bacaannya yang dapat meningkatkan kualitas spiritual.