Personel Binmas Netral Dalam Pilkada Serta Terdepan Cegah Kriminal.

Tribratanews.sultra.polri.go.id – Bertempat di Aula Dachara Polda Sultra, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas Polda Sultra) melaksanakan Anev dan Bimtek Binpolmas (Polisi Masyarakat, Kamis 23 Juli 2020, yang akan dilaksanakan hingga 25 Juli kedepan. Anev diikuti oleh Kasat Binmas Polres Jajaran beserta anggotanya Kanit Binmas dan Kanit Binpolmas dari Polsek.

Giat ini dibuka langsung oleh Kapolda Sultra Irjen Pol Drs Merdisyam M.Si serta Dir Binmas Kombes Pol Darmawan Affandi, S.I.K.

Dalam Bimtek Binpolmas merupakan Strategy Ditbinmas dalam mencegah tindakan kriminal dan menjaga Kamtibmas di Sulajwesi Tenggara untuk menjaga masyarakat dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru yang mana personel Binmas merupakan garda pasukan terdepan yang bersama-sama stakeholder lainnya saling bekerja sama.

Binpolmas dilaksanakan untuk menciptakan situasi wilayah tetap aman, melalui kemitraan dengan masyarakat diharapkan Kamtibmas bisa di jaga dengan baik karena sama-sama saling berkaitan dan membutuhkan.

“Mengajak warga untuk bermitra ciptakan situasi wilayah aman, melalui Pembinaan Polisi Masyarakat (Binpolmas),” kata Irjen Merdy.

Selain itu jajaran Binmas bersikap netral terutama dalam menghadapi pilkada serentak harus bisa membedakan tugas pokok utama karena polisi rentan terlibat dalam politik praktis

Beberapa hal yang menjadi atensi Kapolda lainnya yakni agar memberikan petunjuk arahan kepada seluruh personel Bhabinkamtibmas agar cepat dalam melaporkan tindak pidana kejadian agar pimpinan dapat melakukan langkah cepat.

Selain itu, Lakukan pencegahan agar masyarakat tidak terpengaruh oleh Narkoba/minuman keras yang dapat merusak dirinya sendiri atau yang dapat mengakibatkan terjadinya Kriminalitas.

“Semua harus berperan untuk menjaga keamanan lingkungan, libatkan para Bhabinkamtibmas agar masyarakat tidak terpengaruh miras, karena dengan hal itu bisa jadi penyebab timbulnya kriminalitas”, pungkas Kapolda.