Peserta Seleksi Sekolah Bintara Polisi (SBP) Polda Sultra Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani

Tribratanews.sultra.polri.go.id – Kendari – Tes kesamaptaan jasmani dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Polda Sultra, Selasa 17 September 2024, yang dipantau langsung oleh Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Arief Fitrianto, S.H., S.I.K., M.M.

Tes kesamaptaan jasmani adalah salah satu bagian dari seleksi penerimaan peserta sekolah Bintara Polisi dari tamtama ke bintara. Tes ini bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran fisik dan kemampuan jasmani para calon peserta, karena sebagai anggota polri dituntut untuk memiliki fisik yang prima.

Tes kesamaptaan ini biasanya mencakup beberapa jenis uji fisik yang melibatkan kekuatan, kecepatan, ketahanan, dan kelincahan.

Total ada 46 orang peserta yang mengikut tes kesamaptaan jasmani yakni 35 orang dari Brimob, 9 orang dari polair serta 1 orang dari BKO Korbrimob dan 1 dari Baharkam.

“Dari semua peserta, hasil nya semua nya memenuhi syarat,” ungkap Karo SDM.

Sekolah Bintara Polisi adalah program pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk mendidik dan melatih calon anggota Polri dengan pangkat Bintara. Bintara adalah golongan pangkat di kepolisian yang berada di antara pangkat Tamtama dan Perwira, dan mereka memainkan peran penting sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas kepolisian di lapangan.