Rakor Dit Intelkam, Radikalisme Dan Teroris Jadi Agenda Pembahasan.

Rapat Koordinasi Direktorat Intelijen dan Keamanan (Dit Intelkam) Polda Sultra dengan Satintelkam Polres Jajaran dan Fungsi Pendukung Terkait Program Prioritas Polri (P2P) TA. 2023, dilaksankan di Wixel Hotel Kendari, Kamis (26/01/2023).

Rakor tersebut mengusung Tema SDM Unggul dan Tangguh Ciptakan Polri Presisi dalam rangka Meningkatkan Porgram Prioritas Polri TA 2023 dan menghadapi Pesta Demokrasi dan diikuti peserta dari Personel Intel Polres Jajaran, Personel dari fungsi pendukung Kegiatan 2 Program Prioritas Polri (Ditbinmas, Bidhumas, Intel Satbrimob, Intel Ditpolair dan Densus 88 Wilayah Sultra).

Dalam kesempatan tersebut Dir Intelkam Kombes pol. Nanang Rudi Supriatna, SH., M.H mengatakan rakor fungsi intelkam dilaksanakan untuk optimalisasi kegiatan 2 program prioritas polri bersama fungsi pendukung dalam mengantisipasi perkembangan aksi terorisme, radikalisme dan intoleransi.

“Sebagai anggota Polri, tanamkan dalam diri bahwa NKRI harus dipertahankan dan rongrongan terhadap Pancasila harus dilawan,” ungkap Dir Intelkam.

Pemateri yang dihadirkan dalam rakor ini adalah Wakil Rektor III UHO, DR Nur Arafah, S.P., M.Si yang akan membawakan materi langkah-langkah kampus dalam mereduksi sikap intoleransi dan penyebaran paham radikal.

Materi lainnya yaitu gejala-gejala dan perilaku orang atau kelompok yang mempunyai sikap intoleransi dan paham radikal yang dibawakan oleh Ketua Rumah Moderasi Beragama IAIN Kendari, DR. H Ahmad Baharuddin, LC., M.Hi.

Terkait dengan penyebaran paham radikal diwilayah kampus, Ketua BEM UHO periode 2023, Abdullah Akhayad Arafah telah mengambil langkah untuk menangkal radikalisme di Kampus UHO antara lain rancangan bidang khusus untuk pembinaan karakter dan bela negara dengan melibatkan semua stakeholder seperti TNI Polri.