Rakor Lintas Sektoral, Ini Sejumlah Penekanan Kapolri.

Tribratanews.sultra.polri.go.id – Melalui sambungan vicon langsung dari Pusdalsis Mabes Polri, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si pimpin langsung Rakor Lintas Sektoral, Rabu 21 April 2021.

Rakor tersebut juga diikuti oleh Polda Sultra di Aula Dachara, yang diikuti Kapolda Sultra Irjen Pol Drs Yan Sultra, S.H, turut serta hadir Gubernur Sultra Ali Mazi, S.H, Danrem 143 Halu Oleo Brigjen TNI Jannie A. Siahaan beserta pimpinan TNI dan Forkopimda Sultra.

Dalam rakor tersebut dibahas sejumlah rencana berkaitan dengan mudik beserta pengendalian pandemi covid19. Kapolri menekankan agar kepada jajaran untuk tetap mengedepankan imbauan terkait dengan protokol kesehatan 3M.

“Dampak dari pelarangan mudik akan terjadi penumpukan di tempat wisata,” ungkap Kapolri.

Bagi personel yang bertugas ditempat wisata, melakukan pengawasan kepada pengunjung dengan mendirikan posko pengawasan dimasing-masing tempat yang menjadi pusat keramaian oleh pengunjung.

Kebijakan dalam peniadaan mudik Idul Fitri 1442H tahun 2021 telah dipertimbangkan secara matang oleh Kementerian Perhubungan meski ramadhan tahun ini masih dalam situasi pandemi covid namun pencegahan penyebaran pandemi harus tetap menjadi prioritas.

Pendekatan persuasif harus tetap dikedepankan oleh personel TNI Polri ketika berhadapan dengan masyarakat yang nekat untuk mudik namun tetap harus menunjukkan surat-surat serta persyaratan yang dibutuhkan seperti menunjukkan hasil tes swab pcr atau antigen.