Upacara Hut Satpam ke-42 di Polda Sultra, Kapolri Apresiasi Peran Satpam Jaga Kamtibmas.

Bertempat di Lapangan Apel Presisi Mapolda Sultra, Kapolda Irjen Pol Drs. Teguh Pristiwanto pimpin pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 yang turut diikuti oleh Wakapolda Sultra Brigjen Pol. Drs. Waris Agono, M.Si, perwakilan Forkopimda Sultra dan jajaran pejabat utama Polda Sultra, Senin (30/01/2023). Pada kesempatan tersebut Kapolda Sultra membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam upacara hut satpam.

Diketahui saat ini terciptanya sitkamtibmas yang kondusif merupakan syarat pembangunan di Indonesia, namun polri tidak bisa bergerak sendiri untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif tersebut,
Kehadiran satpam yang merupakan perpanjangan tangan polri memiliki peran yang sangat penting karena satpam memiliki kompetensi khusus yang tidak dimiliki oleh masyarakat melalui serangkaian latihan dan pendidikan dasar.

“Polri sangat merasakan peran satpam, peran pengamanan pam swakarsa diimbangi penguatan keterampilan dalam melaksanakan tugas,” ungkap Irjen Teguh meneruskan amanat kapolri.

Selain itu satpam memiliki kompetensi fungsi kepolisian terbatas dalam menjaga keamanan di masyarakat maupun dilingkungan kerja yang merupakan representasi kehadiran polri dilapangan.

Kapolri secara langsung memberikan apresiasinya kepada badan usaha jasa pengamanan (BUJP) dan berharap kepada satpam agar terus mendukung tugas polri dilapangan.